Rabu, 30 Desember 2015

Menjadi Pembelajar Sejati


                                                                                                                                              
 : Pembelajar itu apaan ya ? sama nggak dengan pelajar ?
 : Wah , itu sich Beda lagi nich  !!!

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                pasti  bayanganmu tentang pembelajar  itu….  0rangnya nggak funky, nggak cool, dan nggak gaul,  jutek…… wah pokoknya nge – bete – in banget. Ke mana pun dia pergi selalu bawa buku, kumuh kayak kutu buku. Wah itu sih salah. Kamu mau tahu ? simak nih tanda – tanda di bawah ini. Kalau kamu seperti tanda – tanda di bawah ini, artinya kamu pembelajar sejati.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  
funky
                                                        

       
 
             artinya kamu pintar bergaul dan jeli membaca zaman. Gimana caranya ? banyak baca, banyak nanya, banyak berteman. Jangan jadi orang kelewat pendiam. Dan parahnya lagi, UDAH NGGAK FUNKY, EH PENGETAHUANNYA CETEK PULA, Aduh bisa gawat tuh. Bisa – bisa dia jadi orang minderan yang nggak pernah mau maju. Yah… dia paling – paling ngomong kalau kebetulan ada orang yang nggak bicara. Atau sesekali dia ngomong duluan, eh malah ngomongin kejelekkan orang lain. Apes banget nggak sih jadi makhluk, eh, orang seperti ini!
  cool
 


       

             
                      Artinya kamu bijak, menyenangkan untuk orang yang ada di sekitar kamu. Intinya kamu itu the most wanted person – lah. Maksudnya, kamu banyak dicari orang karena kamu punya sikap atau akhlak yang mulia. Caranya ? Banyak merenung dan introspeksi, kamu nggak suka nyombong, tapi selalu menyadari kelemahan yang kamu punya.
        Kalau kamu memiliki kelebihan, janganlah  kamu salah gunakan, tapi kamu jadikan cambuk untuk menjadi yang terbaik. Sedangkan kalau kamu jelek, hidup pas – pasan, kumuh, agak tulalit dll jadilah kamu orang yang semakin bijjak, gitu lho. Kamu juga mau belajar dari kelemahan dan kesalahan  yang   telah kamu lakukan, serta nggak nyebelin bagi lingkungan kamu. Oke, setuju kan ? 
jazzy
                                                               

              
        
       
                 Artinya, kamu gampang berimprovisasi, nggak malu – maluin. Kamu juga pinter memanfaatkan waktu. Nggak ada yang sia – sia. Apa pun kondisi dan situasinya, kamu nggak kehilangan akal dan daya kreativitas. Tidak ada istilah mentok urusan, apalagi putus asa. Jadi, Ketika kamu punya prinsip dalam hidup ini, ya… prinsip itu bisa menjadi ruh dari seluruh gerak dan arah kehidupanmu yang dinamis, inovatif dan penuh kejutan.
       

          Caranya ? Kamu harus banyak baca. Tidak saja kamu membaca sesuatu yang tersurat                         ( buku ), tapi juga kamu membaca segala sesuatu yang tersirat ( alam raya ). BUKANKAH AYAT AL - QUR’AN YANG PERTAMA KALI TURUN ADALAH YANG BERKAITAN PERINTAH MEMBACA ?   masih ingat nggak di dalam Al – Qur’an surat Al – ‘Alaq?  Maksudnya, apa pun yang ada di depan mata, kamu harus mau membaca, baik dengan mata kepala maupun dengan mata batin. Mata kepala bersama akal akan menambah pengetahuan kamu, sedangkan mata batin bersama hati ( kalbu ) akan menambah keimanan kamu akan kekuasaan Allah. Kalau kamu  bisa melakukan itu secara bersamaan dan berkesinambungan. Subhanallah, kamu  akan menjadi makhluk yang sempurna ( insan kamil ).
fun
Keep   calm
              

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      
               
                Artinya, kamu gembira melulu, nggak gampang sedih. Ketika kamu menghadapi kesulitan, nggak cepet stress dan marah. Pekerjaan yang ringan, sedang  dan berat selalu dihadapi dengan pkiran tenang. Akan tetapi tetap konsentrasi dan waspada, serta hati yang sejuk dan sikap yang “ legowo’ dalam menghadapi berbagai kemungkinan risiko yang akan dihadapi.
                Bagaimana caranya ? Kamu bisa mengasahnya dengan banyak bersyukur dan nggak banyak melulu lihat ke atas. Gampangnya. Kamu nggak jadi makhluk Pengiri  alias sirik terhadap kesuksesan atau kondisi orang lebih baik dari kamu. Bukankah islam melarang sikap iri hati terhadap orang lain? Karena menjadi orang iri itu bagaikan api unggun yang selalu diberi umpan kayu bakar. Api itu akan semakin besar dan melebar ketika selalu dikasih umpan. Demikian juga dengki, ketika kamu punya sikap itu, maka sikap itu akan membesar dan melebar ketika kamu melihat ke atas dan tidak sadar akan posisi yang seharusnya.

di dalam ajaran islam                                                         1. Ketakwaan                          hanya tiga hal yang boleh                                                 2. Amal jariyah                                                                                                                                   kita iri sama orang lain                                                      3. Ilmu pungetahuan




                                                                                                                                                                                                                                
Iri disini dalam arti positif lho ! ketika melihat orang yang baik takwanya, juga. Ketika kamu melihat orang yang banyak amal jariyahnya, maka kamu iri, kalau bisa kamu melebihinya tanpa pamrih. Dan ketika ada yang lebih pinter dari kamu, ya kamu harus iri dan akan berusaha meningktkan ilmu,  syukur – syukur kamu nantiya akan lebih pinter.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       
                                    


                  
Care              
                                                      

              Artinya kamu peduli sama nasib semua orang, bahkan semua makhluk. Kamu bisa memulainya dengan mengombinasikan antara membaca, bersyukur, berteman, dan banyak mengamat. Tetapi jangan salah mengartikan kepedulian ( solidaritas ) sesama teman. Misal, akibat teman diledek sekolah lain. eh, malah ikut membalas sehinga terjadilah tawuran.                                                                     
So,  Jika kamu sudah memiliki ciri – ciri di atas berarti anda betul – betul generasi milenium. Setiap pelajar  harusnya adalah pembelajar. Tapi untuk jadi pembelajar nggak harus jadi pelajar, Loh…….. !!!

(Disadur dari : “ Fiqih Gaul “ karya Tobib Al – Asyhar diterbitkan oleh Zikru Remaja )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar