Rabu, 30 Desember 2015

CARA MEMBUAT BLOG GRATIS MENGHASILAKN UANG HALAL

CARA MEMBUAT BLOG GRATIS MENGHASILAKN UANG HALAL

Cara Membuat Blog Gratis Menghasilkan Uang Halal masih banyak yang tidak percaya, katanya “Mana mungkin blog gratisan bisa menghasilkan uang!” Saya dulu bahkan berpikiran sama dengan mereka. Tapi setelah merasakan bagaimana mudahnya menghasilkan uang dari internet dari blog gratis saya yang terdahulu – bahkan mencapai 2juta perbulan - , akhirnya hingga saat ini saya sangat bersemangat menulis dan menulis untuk terus menghasilkan blog yang berkualitas yang dikunjungi banyak orang untuk lebih meningkatkan penghasilan blog saya.
            Sebelum membahas lebih jauh bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, sedikit kita ketahui terlebih dahulu pengertian blog menurut Wikipedia atau apa yang dimaksud dengan blog itu sendiri. Blog  adalah singkatan dari web log, yaitu bentuk aplikasi web yang yang terdiri dari tulisan-tulisan (yang dimuat dalam posting) dalam sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan tersebut kadangkala dimuat dalam urutan terbali dimana artikel terbaru yang berada paling atas, sekalipun tidak selamanya begitu. Situs web  yang dimaksud umumnya dapat diakses oleh semua pemakai Internet sesuai dengan tema dan tujuan dari si pemakai blog tersebut.
Cara Membuat Blog Gratis Menghasilkan Uang Halal
            Cara Pertama, Bikin Blog menghasilkan uang dari Iklan. Dari sekian banyak cara menghasilkan uang dari blog, cara inilah yang paling banyak digemari para blogger, selain karena sangat mudah dan rutin penghasilannya setiap hari, cara ini juga tidak memerlukan modal sama sekali, apa lagi kalau kita menggunakan blog dengan platform blogger atau blogspot. Jenis iklan dalam hal ini adalah Afiliasi Iklan dari Google. Cara kerjanya adalah anda membuat blog yang diisi artikel-artikel berkualitas yang isi artikelnya minimal 20 artikel dan umur blognya minimal 6 bulan atau lebih lama lebih mudah lagi diterima oleh Google. Setelah memiliki blog maka selanjutnya tinggal mendaftarkan blog anda pada pengelolah pengiklanan Google, yang caranya cukup ketika anda login di akun blogspot anda cari di bagian kiri tulisan kata “Uangkan” dan mulailah mengisi formnya. Selanjutnya, jika diterima, anda akan memperoleh akunnya dan diberikan izin mengcopy script iklannya ke blog anda yang mana scrip iklan tersebut akan menyesuaikan dengan teks yang ada di blog anda. Sedangkan sumber iklannya sendiri berasal dari pebisnis yang menggunakan jasa google untuk menampilkannya di berbagai blog yang mana bayarannya akan ada pembagian antara google dan para blogger seperti anda.
            Perusahaan yang menyediakan jasa seperti di atas banyak sekali, di Indonesia misalanya ada Kliksaya, Adsensecamp, PPCindo, KumpulBlogger, IDBlogNetwork dan lain sebagainya yang dapat membantu anda untuk membuat blog yang menghasilkan uang setiap harinya tanpa harus kerja keras. Hanya saja perusahaan tersebut namanya lokal jadi tidak bisa menyamai besaran penghasilannya dengan google.
            Tapi satu hal yang belum diketahui oleh banyak blogger pemula mengenai cara menghasilkan uang dari blog atau internet seperti yang saya jelaskan di atas adalah trik-triknya agar blog dikunjungi banyak orang. Karena cara di atas hanya akan berhasil jika pengunjung anda ribuan perharinya. Untuk itu saya sarankan jika ingin mempunyai blog yang dapat masuk halaman pertama google atau ranking 1 di google, maka sebaiknya belilah Ebook Tutorial SEO(Search Engine Optimization = Optimasi Mesin Pencari) yang bernama “BloggerPro-Z1” yang meupakan produk dari www.inabuy.com (sudah ditutup) sebab ebook tersebut sangat berkualitas dan telah digunakan banyak blogger di Indonesia agar blogmu bisa masuk halaman #1 google dan lebih menghasilan dari sebelumnya.
            Cara kedua, buat blog gratis menghasilkan uang dari jualan. Saat ini jumlah blogger sudah sangat banyak di Indonesia hanya saja kebanyakan blogger hanya menggunakan blognya sebagai tempat curhat dan menulis sesuatu yang tidak penting dan tidak dicari orang. Mengapa kita tidak ngeblog sambil jualan padahal untungnya akan sangat banyak. Saat ini ada banyak sekali yang menyediakan jasa buat toko online dengan blogspot yang bentuk tampilannya mirip persis dengan toko online berbayar, salah satunya bisa kamu kunjungi www.tokoonline.inabuy.com (sudah tutup) Jasa pembuatan blogspot jadi toko online di blog ini sangat terpercaya untuk kalangan blogger. Dan adapun cara kerja atau cara menghasilkan uang dari blog dengan cara berjualan atau toko online blogspot adalah dengan cara mengambil gambar dan harga produk dari website tertentu (tapi harus dari website produsen, bukan situs yang juga tangan kedua seperti anda) kemudian memasangnya di blogmu. Jika ada yang memesan dari blogmu cukup minta ia mentransfer sesuai harga produk yang sudah kamu markup atau naikkan harganya dari harga semula, misalnya 200ribu dijadikan 250ribu, setelah dapat kamu buktikan kalau uangnya sudah masuk, selanjutnya kamu yang mentransfer ke pemilik produk yang pertama untuk membayar harga produk aslinya, dan jika sudah masuk ke rekeningnya tinggal kamu minta si pemilik barang untuk mengirimkannnya ke alamat pembeli yang memesan lewat kamu tanpa harus dikirim ketempatmu terlebih dahulu. Mudah kan?
            Cara ketiga, menghasilkan uang dari blog dengan cara  ‘berdagang link’. Nah, ini juga salah satu penghasilan dari blog yang menggiurkan karena tanpa harus menjual atau mereview produk apa pun kamu bisa menghasilkan uang rutin tiap bulannya. Cara kerja bisnis ini adalah dengan membuat blog yang berisi artikel berkualitas dan dioptimasi agar sedapat mungkin memperoleh pengunjung yang banyak. Cara optimasinya seperti cara pertama dengan menggunakan Ebook SEO dari www.inabuy.com (cara agar blog masuk halaman pertama google). Dan adapun cara kerja bergangan link atau jualan link adalah dengan cara melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan online yang khusus menjadi affiliasi yang memasarkan link website atau perusahaan tertentu yang mana ia dibayar dari perusahaan tersebut dan hasilnya dibagi dengan pemilik blog yang membantu memasarkannya. Tapi syarat untuk bisnis ini minimal anda mempunyai blog dengan PR 2 (Page Rank). Page rank artinya ranking rata-rata artikel blogmu di mesin pencari. Untuk mencapai blog yang memiliki PR 2 atau lebih tidak bisa dengan cara biasa saja, kamu harus tahu trik SEO-nya dengan membeli ebooknya dari www.inabuy.com, jika tidak demikian maka tidak mungkin anda bisa ikut dibisnis ini.
            Cara keempat, blog menghasilkan dengan membuat jasa penulisan artikel. Cara ini tergolong profesional karena yang ditawari umumnya perusahaan-perusahaan besar yang memiliki website tapi tidak punya waktu mengisinya dengan artikel-artikel berkualitas. Nah, peluang ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dengan mengajukan proposal ke perusahaan mereka dengan menawarkan jasa penulisan artikel blog yang dibayar perbulan atau per artikel. Biasanya per artikel dihargai 20ribu atau bisa juga lebih tergantung fasilitas yang kamu berikan.
            Ok, semua orang bisa membuat blog, dan caranya juga tidak terlalu sulit. Namun, jika kita bicara menghasilkan uang dari sebuah blog, mungkin masih banyak teman-teman blogger yang masih belum mengerti caranya. Di artikel ini, saya coba berbagi pengalaman bagaimana cara saya menghasilkan uang dari sebuah blog.
            Akan lebih baik bila kita merencanakan sejak awal apa tujuan membangun sebuah blog, dan bagaimana kita akan me-monetize blog tersebut. Pengalaman masing-masing orang akan berbeda dalam membangun blognya. Beberapa orang membangun blog hanya untuk iseng-iseng, dan blogger lainnya melakukan kegiatan blogging dengan tujuan yang jelas. Dalam hal ini saya adalah blogger yang punya tujuan yang jelas dalam membangun sebuah blog, yaitu blogging for money hehehe.
            Saya sudah membangun lebih dari 10 blog dengan kategori yang berbeda yang dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk blog berbahasa Inggris, biasanya saya membeli artikel dari penulis luar (native speaker) karena kemampuan bahasa Inggris saya masih pas-pasan, little little I can lah hehehe. Sedangkan untuk blog berbahasa Indonesia, biasanya saya menulis sendiri artikelnya dan sebagian lainnya saya menyewa jasa seorang penulis.
            Setiap blog yang saya bangun, pasti menghasilkan uang yang saya dapatkan dari bebeberapa program. Penghasilan masing-masing blog saya berbeda-beda, ada yang bikin gigit jari ada juga yang bikin mata terbelalak hehehe. Ok, berikut ini adalah beberapa cara menghasilkan uang dari blog yang saya bangun. Maaf, saya tidak menyertakan screen shoot karena tidak perlu.
1. Komisi Dari Affiliate Marketing
            Bergabung dalam sebuah program affiliasi adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog. Perlu diperhatikan bahwa program affiliasi yang kita ikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog yang kita bangun. Misalnya sebuah blog topiknya tentang internet marketing, maka program affiliasi yang kita ikuti harus berhubungan dengan niche ini.
            Pengalaman saya ketika membangun blog untuk program affiliasi, saya lebih dulu menentukan produk yang akan saya jual, baru saya membangun blognya. Misalnya saat saya membangun blog untuk mempromosikan produk dari Amazon.com, saya melakukan riset terlebih dahulu. Produk apa yang akan dipromosikan, keywords apa saja yang dapat menunjung SEO, dan bagaimana cara membangun kontennya.
            Yang wajib kita perhatikan adalah konten didalam blog yang kita bangun harus punya value dan bermanfaat bagi para audiens. Semakin baik konten Anda, kemungkinan besar semakin tinggi konversi penjualan dari blog tersebut. Dari program affiliasi Amazon saja, saya bisa mendapatkan ratusan hingga ribuan dollar. Kalau saya bisa, Anda juga pasti bisa.
2. Menawarkan Ruang Iklan di Blog
            Sebuah blog yang memiliki trafik tinggi biasanyalebih  sukses mendapatkan pengiklan yang potensial. Pengalaman saya, ruang iklan mandiri di blog saya disewa dengan biaya Rp 500ribu – Rp 1,5 juta untuk tiap spot iklan setiap bulannya, menurut saya itu lumayan.
            Yang wajib diperhatikan adalah produk atau website yang kita iklankan harus disesuaikan dengan topik dari website/ blog yang kita bangun. Misalnya topik website Anda tentang peluang usaha atau internet marketing, maka jenis iklan yang bisa Anda terima adalah produk atau website yang berhubungan dengan niche tersebut.
            Sebaiknya kita TIDAK menerima iklan yang mempromosikan produk atau website yang sama sekali tidak berhubungan dengan niche website kita karena ini akan membingungkan audiens dan biasanya konversinya jelek. Misalnya website Anda tentang internet marketing, lalu Anda memasang iklan dari advertiser yang mempromosikan produk penumbuh rambut.
3. Memasarkan Jasa atau Produk Anda Sendiri
            Ini artinya Anda punya bisnis yang memang ingin ditawarkan ke audiens Anda. Saya sering menemukan blog yang dibuat dengan cara yang kreatif, di blog tersebut si blogger menulis tentang kegiatannya sehari-hari, hobinya, dan juga keahliannya pada bidang tertentu. Blog seperti ini sering kita temukan ya.
Nah, si pemilik blog tersebut menjual produk, hobi, atau jasanya kepada para pembaca blognya. Jadi, selain mendapatkan teman-teman blogger di internet, dia juga mendapat penghasilan dengan cara menjual keahlian atau produknya di blog tersebut. Sangat kreatif.
Salah satu contohnya adalah blog teman saya Nella dari Jerman di Pursuingmydreams.com. Kalau kita memperhatikan blognya sepintas, mungkin kita hanya membaca artikel-artikel saja. Namun, di blog tersebut Nella juga menawarkan/ menjual bibit bunga kepada teman-teman blogger di Indonesia. Menanam bunga adalah hobinya, dan artikelnya banyak membahas tentang bunga, dan dia memanfaatkan blognya untuk menjual bibit bunga. Kreatif ya.
4. Menulis Artikel Tentang Bisnis/ Website Orang lain
            Kegiatan ini biasanya disebut dengan Paid for Review. Ada banyak lho perusahaan yang ingin agar bisnis mereka diulas di blog orang lain. Biasanya perusahaan tersebut bersedia membayar cukup mahal untuk sebuah artikel review. Berdasarkan pengalaman saya, satu artikel review biasanya bisa dibayar sebesar Rp 300ribu – Rp 500ribu, tergantung negosiasi.
Namun, tidak mudah mendapatkan Advertiser yang mau membayar untuk artikel review. Saya kurang tahu pengalaman teman-teman, tapi dari pengalaman saya pihak Advertiserlah yang selalu menghubungi saya ke email dan minta dibuatkan artikel yang mengulas tentang bisnis mereka.
Bila Anda tidak ingin repot menghubungi calon pengiklan, tidak ada salahnya mencoba mendaftar sebagai publisher di IDblognetwork. Beberapa bloger yang saya kenal sering mendapatkan job menulis artikel review dari IDblognetwork, dan biasanya pihak advertiser mau membayar mahal untuk sebuah artikel dari publisher mereka.
5. Menjual Blog Anda
            Ini adalah cara terakhir yang mungkin bisa kita pilih untuk menghasilkan uang dari blog. Pasti akan sangat berat untuk menjual sebuah blog yang sudah kita bangun dengan susah payah, tapi bila memang Anda sudah tidak ada waktu atau sudah tidak mampu memantain blog tersebut, opsi ini bisa Anda pilih.
Menjual blog akan terasa sulit jika kita tidak tahu caranya atau tidak punya jaringan teman yang bisa membantu menjual blog/ website. Pengalaman saya, menghubungi seorang broker atau pengantara akan sangat membantu untuk menemukan calon buyer yang potensial. Dua dari website/blog affiliasi Amazon milik saya pernah terjual masing-masing $1000 dengan bantuan broker. Sebagian dari uang hasil penjualan website tersebut saya gunakan untuk modal membangun bisnis yang lain.
Tambahan:
6. Menjadi Publisher Google Adsense
            Google Adsense adalah salah satu program PPC yang paling terkenal dan paling banyak diikuti oleh publisher di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dan mendapatkan uang dari Google Adsense, kita harus punya website/ blog yang memiliki trafik yang cukup besar. Penghasilan publisher didapatkan dari klik valid iklan Adsense yang ada di website/ blog, tapi jangan pernah berpikir untuk melakukan klik pada iklan Anda sendiri karena ini dilarang oleh pihak Google Adsense.
Saat ini ada banyak sekali situs-situs besar, baik lokal maupun internasional yang bergabung menjadi publisher Google Adsense. Beberapa website besar lokal yang bergabung di Google Adsense adalah Detik.com, Kompas.com, Tribunnews.com, Kaskus.co.id, Merdeka.com, Kapanlagi.com, Vemale.com, dan lain-lain. Sedangkan beberapa startup yang juga bergabung di Google Adsense diantaranya, Femaledaily.com, Bersosial.com, 1cak.com, Maxmanroe.com, dan lain-lain.
………………………………………………………………………………………………….
10 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Indonesia Anda
Anda hanya bisa ngeblog di blog berbahasa Indonesia karena terkendala kemampuan bahasa Inggris Anda? Jika ya, Anda bisa mendapatkan uang dari blog tersebut karena banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk tujuan tersebut. Faktanya, penghasilan dari blog bahasa Indonesia tidak kalah dari blog berbahasa Inggris.
            Berdasarkan pengalaman ngeblog saya selama lebih dari 5 tahun, setidaknya ada 10 cara yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari blog Indonesia. Kesepuluh cara tersebut saya uraikan di bawah ini.
1. Memasang Iklan PPC
           
Pay per click (PPC) adalah model menghasilkan uang berdasarkan klik yang dilakukan pengunjung terhadap iklan yang Anda pasang di blog Anda. Dua penyedia PPC terpopuler untuk blog Indonesia adalah Google AdSense dan KlikSaya.
Jika Anda menggunakan cara ini, Anda tidak perlu repot mencari pengiklan karena para penyedia PPC akan menyediakannya untuk Anda. Yang Anda perlukan setelah disetujui sebagai mitra penyedia PPC adalah meningkatkan pengunjung dan atau mengoptimasi tampilan dan posisi iklan tersebut agar uang yang Anda peroleh semakin banyak.
Penghasilan yang akan Anda terima tergantung pada klik yang dianggap sah oleh penyedia PCC. Adapun waktu pembayarannya bergantung pada ketentuan masing-masing penyedia PCC. Sebagai contoh, Google AdSense membayarkan penghasilan Anda setelah 30 hari.
Kekurangan utama metode ini adalah Anda harus menunggu jumlah minimal dan atau waktu pembayaran. Saat menunggu pembayaran tersebut, Anda bisa kehilangan penghasilan karena akun Anda dinonaktifkan. Alasannya beragam, mulai dari klik yang tidak sah sampai posisi iklan yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan penyedia PCC.
Terlepas dari itu, seorang teman saya (blogger Sumedang) menghasilkan lebih dari $2.000 dari Google AdSense. Pengunjung harian blog bahasa Indonesianya di atas 25.000 pengunjung unik.
2. Mengikuti Program Afiliasi
           
Afiliasi adalah model menghasilkan uang dari mempromosikan produk (bisa juga jasa) orang lain. Umumnya, Anda tidak perlu membeli produk tersebut untuk menjadiaffiliate-nya. Uang yang akan Anda peroleh bergantung pada jumlah pengunjung yang membeli produk yang Anda tawarkan di blog atau di daftar pelanggan blog Anda.
Beberapa contoh afiliasi adalah
  • afiliasi hosting (misalnya hosting Hostgator)
  • afiliasi buku atau ebook
  • afiliasi software (misalnya Long Tail Pro)
  • afiliasi jasa
  • afiliasi barang (misalnya Lazada)
            Kelebihan utama afiliasi adalah Anda tidak perlu repot membuat produk yang hendak Anda tawarkan kepada pengunjung blog Anda. Anda tinggal membuat review atau menampilkan banner produk atau jasa tersebut. Tentu saja review dan bannertersebut mengandung link afiliasi yang Anda peroleh dari penyedia afiliasi.
Seperti halnya PPC, kelemahan terbesar metode ini adalah Anda tidak memperoleh langsung komisi yang Anda peroleh. Anda harus menunggu dalam jangka waktu atau batas minimal pembayaran yang ditentukan oleh masing-masing penyedia afiliasi. Penghasilan Anda juga bisa hilang karena Anda dianggap melanggar syarat dan ketentuan penyedia afiliasi.
3. Menyediakan Tempat Iklan Mandiri
           
Iklan mandiri adalah cara mendapatkan uang dengan menyediakan tempat (spot) iklan di blog Anda. Umumnya, iklan mandiri ini bebentuk banner dengan beragam ukuran, seperti 125×125, 300×250, 160×600, dan 780×90.
            Dibanding PCC dan afiliasi, cara ini relatif “gurih” dari sisi pembayaran karena uang akan masuk kantong Anda saat tempat iklan Anda dibeli oleh pengiklan. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menunggu dan berbagi komisi dengan pihak penyedia PCC atau afiliasi.
            Hanya saja, untuk mendapatkan uang dari iklan mandiri, blog Anda harus memiliki banyak pengunjung setiap harinya. Rumus sederhananya, semakin banyak pengunjung, blog Anda (misalnya 20 ribu pengunjung unik sehari) semakin “seksi” di mata pengiklan karena mereka beranggapan bahwa iklan mereka akan banyak dilihat orang.
            Sekadar informasi saja, seorang teman saya (blogger Makassar) bisa menghasilkan lebih dari Rp10 juta per bulannya dari iklan mandiri. Pengunjung harian blognya mencapai 100.000 pengunjung.
4. Menjual Buku Sendiri
           
Anda bisa menghasilkan uang dari blog Anda dengan menjual buku Anda, baik buku format cetak maupun digital (eBook). Buku cetak Anda ini bisa diterbitkan oleh penerbit lokal atau nasional, atau diterbitkan Anda sendiri (self-publishing).
            Di sisi lain, jika Anda menjual eBook, Anda tidak perlu menunggu pihak lain untuk menerbitkan buku Anda atau mengeluarkan uang untuk menerbitkannya sendiri. Yang Anda lakukan adalah mengubah buku Anda dari MS Word ke format PDF. Metode pembayaran untuk eBook tersebut bisa melalui transfer uang ke akun bank Anda atau transfer dolar ke akun Paypal Anda.
            Apa pun format buku dan metode pembayarannya, buku yang hendak Anda jual haruslah berkualitas sehingga membantu pembaca blog Anda menyelesaikan masalahnya. Tentunya, Anda harus menyediakan waktu yang tidak sedikit untuk meriset, menulis, dan mengedit buku bermanfaat seperti itu.
            Secara pribadi, saya akan menggunakan cara ini untuk menghasilkan uang dari 3 blog bahasa Indonesia saya. Untuk Blogodolar, saya berencana menjual sebuah ebook pada awal Desember 2014. Rilis buku untuk dua blog lain setelah bulan tersebut.
5. Menyediakan Jasa                       
           
Anda punya keahlian tertentu? Jika ya, Anda bisa mendapatkan uang dengan menawarkan keahlian tersebut di blog Anda. Contohnya, jika Anda mahir mendesain logo, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan logo kepada pengunjung blog Anda.
Selain jasa pembuatan logo, jasa-jasa yang biasa ditawarkan oleh blogger antara lain:
  • Jasa mendesain blog
  • Jasa pembuatan blog
  • Jasa SEO
  • Jasa pembuatan artikel bahasa Indonesia atau bahasa Inggris
  • Jasa penerjemahan
  • Jasa pengetikkan skripsi, tesis, atau disertasi
  • Jasa penerjemahan
  • Jasa pembelian barang
            Jika klien Anda tanpa perantara, Anda akan memperoleh 100% uang dari jasa Anda. Jika sebaliknya, Anda harus berbagi komisi dengan perantara klien Anda.
            Terlepas dari sumber klien, Anda harus menunjukkan keahlian Anda jika ingin banyak klien. Caranya bisa dengan membuat postingan seputar keahlian Anda atau membuat platform. Jika Anda menawarkan jasa pembuatan artikel dalam bahasa Inggris, platformnya berupa daftar klien dan kumpulan tulisan Anda dalam bahasa Inggris.
6. Menjual Theme atau Plugin
           
Untuk memperoleh uang, Anda bisa juga menjual theme atau plugin di blog Anda. Anda bisa membuatnya sendiri atau membayar orang lain. Model theme dan plugin yang sering dijual blogger adalah:
  • Theme untuk AdSense, toko online, atau afiliasi Amazon
  • Plugin untuk membuat tabel responsif
            Keuntungan dari cara ini adalah uang langsung masuk kantong Anda. Adapun kelemahannya adalah Anda harus menginvestasikan uang yang relatif banyak jika Anda menggunakan jasa programer untuk membuatkan theme atau plugin Anda.
7. Melakukan Drop Shipping
           
Drop shipping adalah sebuah model bisnis untuk menjualkan produk orang lain. Berbeda dengan afiliasi, si pembeli membeli produk orang lain di Anda. Selanjutnya, Anda mengirimkan uang tersebut ke pemilik produk dan meminta mereka untuk mengirimkan barang ke alamat si pembeli.
            Uang yang akan Anda peroleh adalah selisih harga jual dari pemilik produk dengan harga jual yang Anda tawarkan ke pembeli. Misalnya, harga produk dari pemilk adalah Rp 100.000 dan Anda menjualnya ke pengunjung blog Anda sebesar Rp 150.000, maka keuntungan Anda adalah Rp 50 ribu.
            Produk-produk yang umum dijual dengan cara drop shipping adalah produk kecantikan, mainan anak-anak, obat kehamilan, obat penurun berat badan, dan alat-alat rumah tangga.
            Jika Anda menemukan perusahaan drop shipping yang profesional dan produknya bagus, Anda akan mendapatkan uang yang banyak dan tidak mengecewakan pembeli dari blog Anda. Selain itu, jika Anda mengintegrasikannya dengan Facebook dan BlackBerry messenger, Anda akan memiliki pelanggan setia untuk produk drop shipping Anda.
8. Memberikan Bimbingan Privat
           
Bimbingan privat (private coaching) adalah metode mencari uang lain yang bisa Anda lakukan di blog Indonesia Anda. Jika Anda menempuh cara ini, Anda harus memiliki keahlian tertentu untuk membimbing klien Anda. Keahlian tersebut akan berbading lurus dengan jumlah uang yang akan Anda terima.
            Sebagai gambaran, saya telah membimbing seorang pegawai negeri sipil di Makassar untuk membuat blog bahasa Inggris yang dimonetisasi dengan afiliasi Amazon. Untuk bimbingan ini, tarif yang saya gunakan adalah Rp 2,5 juta untuk delapan kali pertemuan.
9. Menyediakan Membership
           
Membership adalah program keanggotaan berbayar dalam jangka waktu tertentu. Materi dari program ini tidak ada di blog sehingga eksklusif untuk anggota berbayar.
            Uang yang akan Anda peroleh dari program ini akan masuk kantong Anda tiap bulan dalam jangka waktu tertentu (misalnya 6 bulan), tanpa menunggu atau berbagi komisi (jika Anda tidak membuatkan program afiliasinya).
            Sayangnya, jika Anda seorang blogger pemula, membership bukan cara yang cocok untuk Anda karena Anda harus memiliki keahlian ekstra. Umumnya yang menggunakan cara ini adalah para blogger sukses, misalnya mereka yang sebulannya menghasilkan $5.000 dari Google AdSense atau afiliasi.
10. Menjadi Pembicara Seminar
           
Jika Anda seorang blogger otoritas di topik tertentu, Anda bisa mendapat undangan sebagai pembicara di seminar yang berkaitan dengan topik yang Anda bahas di blog Anda. Sebagai contoh, jika Anda seorang blogger otoritas di bidang pengembangan diri, Anda akan diundang sebagai pembicara di seminar seputar pengembangan diri.
            Honor akan Anda terima dari cara ini bergantung pada seberapa terkenalnnya Anda. Dari pengalaman saya sebagai pembicara pemula, honor yang saya terima adalah Rp 1 juta untuk seminar teknik penulisan artikel berkualitas.
Kesimpulan
           
Jika bahasa Inggris menjadi kendala Anda, Anda jangan ragu untuk membuat blog bahasa Indonesia. Setidaknya ada 10 cara yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari blog bahasa Indonesia Anda. Meskipun demikian, jika Anda pemula, Anda harus fokus mencoba satu cara dulu agar hasilnya maksimal. Setelah itu, Anda melanjutkannya dengan mencoba cara lain sehingga sumber penghasilan Anda semakin banyak.
            Terlepas dari itu, cara apa yang telah atau akan Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog bahasa Indonesia Anda? Silakan bagikan pengalaman Anda pada bagian komentar di bawah ini.
…………………………………………………………………………………………………
Blog salah satu media yang bisa kita manfaatkan untuk meberbitkan artikel, membahas sesuatu masalah atau share tentang sesuatu yang banyak dicari, baik itu untuk hanya keperluan pribadi atau untuk konsumsi publik, share sesuatu artikel diblog berpeluang besar  akan dibaca orang, alternatif blog menjadi pilihan untuk hal-hal diatas dikarenakan banyak sekali penyedia layanan blog gratisan yang bisa kita gunakan, hanya bermodalkan koneksi internet, kemauan dan pengetahuan online serta mampu memuat artikel, sebuah blog bisa kita miliki tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.
Tujuan orang membuat blog bisa bermacam-macam, ada yang hanya sekedar menyalurkan hobi menulis artikel, ada yang hanya sekedar sharing dan tujuan lainnya, namun perlu kita ketahui untuk saat ini blog bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dalam bentuk uang, benarkah? apakah memang benar  kita bisa mendapatkan uang dari hanya sekedar ngeblog?, jawabannya adalah Ya memang benar blog bisa kita jadikan sebagai alternatif untuk mendapatkan penghasilan, bahkaan saat ini banyak sekali para blogger yang tadinya hanya sekedar menjadi part time blogger, aktifitas ngeblog hanya sekedar untuk mengisi waktu luang saja, kini beralih menjadi full time blogger, ngeblog sepanjang waktu, bahkan ada juga yang pada awalnya bekerja kantoran atau memiliki pekerjaan pokok kini ada yang berani keluar dari pekerjaannya hanya untuk sekedar memilih menjadi full time blogger. mereka merasa blog memang bisa diandalkan untuk menghasilkan uang dan bahkan penghasilan dari ngeblog bisa melebihi penghasilan dari pekerjaan offline mereka.
Ada beberapa keuntungan dari memilih ngeblog untuk mendapatkan penghasilan, salah satunya adalah mereka tidak terikat waktu, yang terpenting punya target penghasilan bisa mereka raih, selain itu dekat dengan keluarga dan bisa dikerjakan dirumah.
Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Gratisan
Lantas Bagaimanakah caranya agar aktifitas ngeblog bisa mendapatkan penghasilan ?, untuk sebagian orang awam barangkali akan sedikit bertanya, darimana harus memulai, artikel ini saya khusus sajikan untuk anda yang memang ingin memahami cara ngeblog untuk mendapatkan penghasilan, berikut tahapan-tahapan yang bisa anda ikut:
1. Punya blog
Tentu saja langkah pertama yaitu memiliki blog, baik itu berbayar maupun gratisan, untuk tahap awal lebih baik mulai untuk membuat blog gratisan, seperti misal kita bisa memulai membuat blog di blogspot.com atau di wordpress.com, jika tertarik dengan blogspot, salah satu pedoman untuk membuat blog di blogspot anda bisa baca artikel tentang cara mudah membuat blog menggunakan blogspot.
2. Memilih Niche atau topik blog
Langkah dua adalah menentukan topik blog, yaitu topik yang menjadi fokus untuk artikel-artikel yang akan kita terbitkan melalui blog, sebaiknya ketika memilih topik lebih diutamakan memilih topik yang memang benar-benar dikuasai, sebagai contoh jika anda mahir dalam masalah SEO sebaiknya memilih topik utama tentang seo, jika anda mahir mengotak-ngatik komputer anda bisa memilih teknik tips dan trik tentang komputer dan lain sebagainya, 
3. Mulai untuk Membuat artikel secara Konsisten
Tahap berikutnya setelah anda menentukan topik utama untuk blog anda adalah anda harus mulai membuat artikel yang sesuai dengan topik yang sudah anda tentukan, sebaiknya membuat artikel secara berkesinambungan, jika mampu 1 hari satu artikel itu akan lebih baik jika tidak minimal 4 artikel setiap bulan itu cukup, semakin anda sering membuat artikel maka itu akan semakin baik untuk memonetisasi blog yang anda miliki atau untuk menjadikan blog anda bisa mendapatkan penghasilan. 
4.  Daftar sebagai publisher google Adsense.
Sebenarnya banyak cara yang bisa kita gunakan bagaimana untuk mendapatkan uang lewat blog, namun pada artikel kali ini saya ingin membahas google adsense sebagai salah satu alternatif yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan penghasilan lewat ngeblog, jika anda masih awam tentang google AdSense, silahkan baca artikel tentang Apa itu google Adsense ?, biar anda memiliki gambaran, setelah itu anda bisa mendaftar melalui fasilitas yang disediakan pada blogspot anda untuk menjadi publisher google adsense, silahkan anda baca referensi tentang trik jitu diterima google adsense dalam sekali daftar.
Setelah anda diterima menjadi publisher google asense, anda akan di fasilitasi dengan akun google adsense, melalui fasilitas akun google adsense anda bisa mendapatkan kode iklan google yang bisa ditempel pada blog yang anda miliki, cara kerja google adsense, adalah jika ada pengunjung yang  klik iklan adsense yang anda pasang berarti anda akan mendapatkan penghasilan sebesar nilai CPC (Cost Per Click) atau biaya per klik iklan tersebut, nilai paling kecil untuk tiap klik adalah 0,001$ dan yang paling besar bahkan bisa sampai 10$ per kliknya tergantung dari jenis iklan yang diklik pengunjung. setiap dolar yang anda peroleh akan di kirimkan dan dicatat pada rekening virtual google adsense anda yang terdapat pada fasilitas akun google adsense, ketika jumlah uang yang anda peroleh sudah melebihi ambang batas pembayaran, baru anda bisa mencairkan uang tersebut, nilai minimal untuk dicairkan yaitu 100$
5.  Menjaring Visitor atau pengunjung blog.
Tahap berikutnya yang menjadi agenda anda untuk memonetisasi blog, setelah blog anda memiliki jumlah artikel cukup banyak dan blog anda sudah dipasang iklan Adsense yaitu  menjaring pengunjung, banyak cara yang bisa kita lakukan agar banyak pengunjung mengunjungi blog anda, bisa melalui optimasi seo,baik optimasi seo onpage maupun optimasi seo onpage, bisa melalui media promosi gratisan dengan memanfaatkan media social seperti facebook, twitter dan media social lainnya, atau promosi secara langsung dari mulut-kemulut, anda bisa mencari banyak referensi yang terseida diinternet bagaimana cara untuk menjaring pengunjung, semakin banyak pengunjung yang mengunjungi blog anda itu akan semakin baik.
Bagaimana cara menghasilkan Uang dari Blog?
Blog adalah salah satu fasilitas untuk dapat menghasilkan uang secara online di internet. Sebetulnya fungsi blog secara umum adalah untuk memfasilitasi pembuatnya berekspresi menuangkan berbagai karya, hoby tulisan dan lain-lain. Namun akhir-akhir ini blog juga banyak dimanfaatkan sebagai media penghasil uang di internet. Bagaimana caranya?
Cara menghasilkan uang dari ngeblog!
Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk berpenghasilan lewat blog. Sebelum kita bahas lebih jauh, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini.
1. Apakah sobat punya produk atau punya teman/tetangga yang bisa di jual? ha… maksud saya produkny6a yang bisa di jual bukan tetangga/temannya he…
2. Jika tidak, Apakah sobat punya hoby yang bisa di tuangkan lewat blog? (misalnya hoby memasak, naik gunung, main bola dll.)
Tentukan dua pilihan di atas, sobat termasuk no. 1 atau yang ke-2?.
Mengapa harus tahu dulu potensi kita? Karena dari situlah kita akan mengarahkannya menjadi penghasilan dalam hal ini uang di internet. Tahapannya?
Tahapan Menghasilkan Uang lewat Ngeblog!
Tahapan pertama sobat bisa lakukan dengan menjawab dua pertanyaan di atas. jika sudah terjawab selanjutnya adalah;
1. Buat blog (buat yang gratisan saja terlebih dahulu untuk menguji/membuktikan apakah betul blog bisa menghasilkan?) kalau ada yang gratisan ngapain pilih yang berbayar haa…
Tapi kalau sudah menghasilkan jangan lupa buat blog yang berbayar yah…
Kenapa? karena blog yang berbayar punya kelebihan tersendiri.
Nah bagaimana cara membuat blog yang gratisan ?
Cara pertama sobat bisa ketikkan www.blogger.com di browsernya. Lalu mulailah mendaftar atau masuk lewat gmail sobat.
Secara teknis untuk pembuatan blog sobat bisa tanya si embah ya! He…
Selanjutnya?
Selanjutnya setinglah blog secara seo friendly sehingga akan mudah di optimasi untuk mendatangkan pengunjung pada blog yang telah kita buat. Tujuan akhirnya berharap pengunjung blog kita bisa menjadi pelanggan kita he…
Berikutnya isilah blog yang sobat buat dengan konten yang bermanfaat, sesuai dengan minat dan hoby sobat.
Jika punya produk fisik sobat bisa pajang foto produknya di blog.
Jika tidak punya, maka bisa diisi dengan hoby yang sobat miliki.
BAGAIMANA CARA MEMBUAT SENDIRI AKUN BLOG BARU DI BLOGSPOT
Untuk membuat sebuah akun di blogspot sangatlah mudah. Bahkan anak SD saja sudah banyak yang mengetahui cara ini, jadi saya yakin saudara pun tidak akan mengalami kesulitan di sini.
  1. Silahkan kunjungi alamat www.blogger.com dan masukkan username dan password dari akun Gmail anda.
  2. Dalam halaman dasbor anda akan melihat gambar anda, dan di bawah gambar itu ada sebuah tombol "Blog Baru". Klik pada tombol itu untuk memulai membuat blog anda.
  3. Anda akan melihat sebuah formulir yang harus diisi untuk membuat blog baru anda. Di dalam formulir ini anda diminta mengisi Judul Blog, Alamat Blog, dan Template Dasar.
  4. Panduan untuk anda: 
    • Pastikan Judul, dan Alamat Subdomain yang anda pilih mengandung kata kunci yang anda targetkan. Atau sembarang saja jika anda berniat mengganti subdomain blogspot anda dengan domain sendiri nantinya (entah itu .com, .org, .net, dll). 
    • Untuk bisnis online sangat disarankan untuk mengganti nama domain agar terlihat lebih profesional dan tentunya menunjang SEO jika nama domain anda bisa tepat sama dengan kata kunci yang anda kejar. (Biayanya cuma Rp.100.000/tahun)
  5. Setelah anda selesai di formulir ini silahkan klik tombol BUAT BLOG, dan selesai
Sampai di sini anda sudah tahu cara membuat blog baru. Tapi blog saudara masihlah blog yang sangat standar dan belum ada isinya. Saudara akan sangat sulit bersaing di Google ataupun di pasar bisnis online jika hanya mengandalkan blog alakadarnya ini. Jadi anda harus tahu bagaimana cara membuat blog anda terlihat lebih menarik.
CARA MEMBUAT TAMPILAN BLOG BARU ANDA LEBIH KEREN DAN ELEGAN
Sekarang blog anda sudah jadi, tapi tampilannya masih sangat standar sekali. Jadi ada baiknya saudara melakukan penggantian template agar tampilan blognya menjadi lebih keren dan lebih profesional. Untuk melakukan ini saudara bisa mengunjungihttp://btemplates.com/.

Anda akan melihat bahwa pada situs btemplates ini ada banyak sekali template yang menarik untuk anda gunakan. Tapi sebelum anda memilih yang mana yang akan anda gunakan untuk membuat blog menjadi lebih keren; ada baiknya anda mengklik dulu link DEMO untuk melihat bagaimana tampilan online dari template ini.
Anda akan diperlihatkan tampilan dari template yang sudah diterapkan pada sebuah blog. Jika anda menyukainya, maka silahkan mengklik tombol DOWNLOAD yang ada pada navbar paling atas (lihat gambar di bawah)
Anda akan diarahkan ke halaman detail template dan di sana ada sebuah link download. Silahkan klik pada link tersebut untuk mengunduh template blog anda anggap bisa membuat blog anda terlihat lebih profesional.
Akan muncul kotak dialog untuk konfirmasi download anda, klik OK

Tunggu sampai pengunduhan file ZIP anda selesai. Jika sudah selesai; ekstraksi file ZIP tadi. Anda akan memperoleh sebuah folder yang di dalamnya ada file XML. File inilah yang akan anda upload pada blog baru yang tadi anda buat di blogspot. Pada contoh di bawah ada 2 file XML, yaitu versi dengan slideshow dan tanpa slideshow.
Sekarang anda sudah mempunyai sebuah template yang keren dan modis yang bisa dipasangkan pada blog yang baru anda buat ini. Tapi bagaimana cara memasang templatenya? Sederhana saja....Masuklah ke menu TEMPLATE dari blog anda dan cari tombol CADANGKAN DAN PULIHKAN di kanan atas layar anda. 
Akan muncul kotak pop-up. Silahkan klik browse dan buka file XML yang sebelumnya sudah anda ekstraksi dari file ZIP. Setelah anda memilih filenya silahkan klik UNGGAH
Tunggu sampai unggahan selesai, dan anda akan melihat tampilan dari blog anda sudah berubah sesuai dengan tampilan template blog keren yang sebelumnya anda pilih dan unggah. Jadi sampai di sini anda sudah tahu cara membuat blog anda tampil keren dan profesional. Hanya saja blog yang keren itu akan percuma jika tidak ada orang yang bisa menemukannya.

Yang perlu anda pelajari berikutnya adalah bagaimana cara membuat blog anda menjadi search engine friendly atau SEO ready. Ini adalah langkah yang sangat penting dalam membuat blog anda karena SEO inilah yang akan membuat blog anda bisa masuk ke halaman pencarian di mesin pencari seperti Google.
BELAJAR CARA MEMBUAT BLOG ANDA MENJADI LEBIH SEO FRIENDLY
Sekarang anda sudah paham bagaimana cara membuat blog dan mengganti tampilannya. Dengan kata lain anda sudah memounyai sebuah blog dan blog itu sudah terlihat keren. Tapi apakah blog anda sudah bisa bersaing di Google? Tentunya bisa saja dicoba, tapi akan jauh lebih mudah jika anda melakukan optimasi SEO terlebih dahulu.
Apa yang dimaksud dengan SEO itu? SEO dalah usaha untuk membuat blog anda bisa muncul di halaman pencarian Google saat seseorang mencari sesuatu yang berkenaan dengan blog anda. SEO ini ada onpage dan juga ada Offpage. Onpage adalah segala sesuatu yang perlu kita lakukan pada blog kita, sedangkan offpage adalah yang perlu kita lakukan di luar mengedit blog kita.
Jadi kita di sini cuma bisa melakukan onpagenya saja.... Perlu diingat bahwa anda tidak perlu melakukan ini pada template-template yang sudah diklaim sebagai SEO friendly.
Cara Membuat Title Tag Blog Anda Menjadi SEO Friendly
Untuk membuat blog anda menjadi lebih SEO Friendly, maka ini adalah sesuatu yang perlu anda lakukan. Tapi sebelum anda melakukannya perhatikan dulu apakah title tag anda sudah benar atau belum benar? Bagaimana cara mengetahuinya? Mudah saja:
  • Bukalah homepage dari blog anda dan lihat bagian tab dari blog anda apakah menampilkan judul blog anda?
  • Jika sudah, sekarang buka satu artikel anda dan lihat tab browser anda, apakah menampilkan judul artikel anda?
Jika judul blog sudah ditampilkan di halaman homepage, dan judul artikel sudah ditampilkan di halaman artikel maka itu sudah cukup baik.... Lihat gambar di bawah ini
Sebaliknya, jika tampilan judul blog anda belum seperti di atas, maka coba gantikan kode <title>.... </title> yang ada di dalam menu TEMPLATE > EDIT HTML agar terlihat seperti di bawah ini:
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
    <title><data:blog.pageTitle/></title>
    <b:else/>
    <title><data:blog.pageName/></title>
    </b:if>
Jika sudah selesai, tekan tombol jingga SIMPAN TEMPLATE.
Cara Membuat Meta Description Blog Lebih SEO Friendly
Untuk membuat meta description dari blog anda menjadi lebih SEO Friendly lakukan langkah-langkah di bawah ini:
  • Buka menu SETELAN > PREFERENSI PENELUSURAN dan lihat bagian paling atas halaman
  • Klik EDIT pada TAG META Deskripsi
  • Pilih Ya
  • Masukkan 150 karakter yang anda anggap mengandung kata kunci yang anda incar dan paling tepat menggambarkan isi dari halaman muka blog anda, karena ini adalah tempat memasukkan meta description untuk homepage.
  • Klik Simpan Perubahan, maka anda sudah mengaktifkan meta description pada blogspot anda.
Editan Ringan Pada Heading Blogspot Anda
Setelah anda mengedit 2 hal di atas; kembalilah ke menu TEMPLATE > EDIT HTML dan klik pointer kursor anda di antara kode-kode yang ditampilkan setelah itu tekan CTRL+F.
  • Masukkan kode <h3 dan tekan enter, anda akan di bawah menuju kode tersebut dan ubahlah menjadi <h2. Tekan enter lagi untuk menemukan <h3 yang lainnya dan ubah semuanya menjadi <h2. Jika enter anda tiba-tiba merusak kode, cukup tekan saja CTRL+Z untuk UNDO dan mengembalikan perubahan terakhir
  • Ganti kode <h3 yang ada di kotak pencarian menjadi </h3>, lalu tekan lagi enter untuk mencari semua kode itu dan ubah jadi </h2>.
  • Jika sudah selesai, tekan tombol jingga SIMPAN TEMPLATE.
Semua perubahan di atas mungkin hanya akan membawa onpage blog anda menjadi 70% SEO Friendly, tapi itu sudah cukup sebagai awalan. Nanti ke depannya anda akan mempelajari teknik-teknik lanjutan untuk membuat blog anda menjadi lebih SEO lagi....
CARA MEMBUAT BLOG MENJADI POPULER
Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membuat blog anda menjadi populer. SEO hanya salah satu jalan untuk membuat blog anda menjadi populer. Metode mana yang anda pilih harus disesuaikan dengan jenis blog yang anda buat, budget yang anda miliki. Semakin minim budgetnya maka proses membuat blog menjadi populer itu menuntut kerja keras kita sendiri.

Untuk gambaran yang lebih lengkap tentang cara membuat blog menjadi populer silahkan baca link di bawah ini:

BAGAIMANA CARA MEMBUAT ARTIKEL DI BLOG BARU ANDA
Ok, sekarang blognya sudah ada, sudah keren, dan sudah SEO friendly juga, tapi masih kosong dan tidak ada artikelnya. Jadi sekarang saatnya anda belajar cara membuat artikel. Ini sangatlah mudah jadi anda pasti bisa melakukan ini.... Anda cukup mengenali icon-icon yang menjadi fitur di editor posting di blogspot di bawah ini:
  1. JUDUL POS adalah kolom untuk memasukkan JUDUL dari artikel yang anda akan buat. Untuk membuat blog anda bersaing di pencarian Google, pastikan anda meletakkan kata kunci yang anda incar di awal judul.
  2. PUBLIKASIKAN adalah tombol untuk menerbitkan postingan yang anda anggap sudah selesai dan sudah layak terbit.
  3. SIMPAN adalah tombol yang bisa anda gunakan untuk menyimpan ketikan anda dalam bentuk draft jika anda belum bisa menyelesaikannya saat itu juga. Anda bisa mengeditnya lagi nanti dengan membuka menu POS dan mengklik link EDIT di bawah draft yang tersimpan ini.
  4. PRATINJAU adalah tombol untuk melihat bagaimana tampilan dari ketikan anda saat diterapkan dalam template blog anda
  5. TUTUP adalah tombol untuk menutup editor ini
  6. COMPOSE adalah tampilan RICH TEXT saat kita sedang mengetik artikel
  7. HTML adalah tampilan dalam bentuk kode HTML, anda juga bisa membuat kode yang tidak ada pada icon di tampilan ini.
  8. UNDO dan REDO, di mana anda bisa membatalkan atau mengulangi suatu tindakan
  9. FONT FAMILY adalah tombol untuk mengubah jenis huruf yang digunakan dalam pengetikan
  10. FONT SIZE adalah tombol yang digunakan untuk mengubah ukuran dari huruf
  11. FORMAT adalah tombol untuk mengubah suatu text menjadi judul poin pembahasan, atau judul subpoin pembahasan, atau judul dari subsubpoin pembahasan. Sangat direkomendasikan menggunakan fitur ini untuk membuat artikel blog menjadi SEO friendly.
  12. BOLD adalah tombol untuk membuat huruf menjadi cetak tebal. Untuk membuat blog anda lebih SEO, maka sebaiknya pemunculan pertama kata kunci di dalam artikel yang anda buat dicetak tebal
  13. ITALIC adalah tombol untuk membuat cetak miring, selain bold anda juga bisa menggunakan ini dan poin SEOnya sama saja
  14. UNDERLINED adalah tombol untuk memberi garis bawah
  15. STRIKETHROUGH adalah tombol untuk memberi coretan pada tulisan
  16. FONT COLOR adalah tombol untuk mengubah warna teks
  17. FONT HIGHLIGHTS berfungsi untuk memberi sorotan berwarna pada suatu bagian di dalam artikel yang dianggap penting
  18. LINK dipergunakan untuk membuat tautan di dalam artikel anda
  19. MASUKKAN GAMBAR tentu saja untuk memasang gambar di dalam postingan
  20. MASUKKAN VIDEO untuk mengunggah sebuah video ke dalam postingan anda
  21. JUMPBREAK digunakan untuk memotong tampilan artikel saat ditampilkan di halaman muka blog anda. Cukup klik pada suatu titik di dalam artikel anda lalu klik icon jumpbreak ini, maka yang berada di bawah titik yang anda tentukan tadi tidak akan ditayangkan di halaman muka.
  22. RATA TEKS, digunakan untuk mengatur tulisan rata kiri, tengah, kanan, atau imbang.
  23. ORDERED LIST untuk memberi penomoran pada poin-poin artikel.
  24. UNORDERED LIST untuk memberi penandaan pada poin-poin artikel.
  25. QUOTE untuk memberi tampilan khusus pada frasa atau kalimat atau paragraf yang kita anggap sebagai kutipan
  26. REMOVE FORMATTING, untuk membersihkan semua style atau editan yang sudah kita terapkan pada suatu bagian di dalam artikel
  27. CHECK SPELLING, jika anda mau mengecek pengejaan. Sepertinya ini untuk bahasa inggris saja
  28. LEBEL, untuk memberi label kepada tulisan anda sebagai sistem pengelompokan artikel
  29. JADWAL, bisa anda gunakan untuk menentukan waktu artikel akan terbit secara otomatis suatu saat di waktu yang akan datang
  30. TAUTAN PERMANEN bisa anda gunakan untuk membuat URL yang anda inginkan untuk artikel anda
  31. LOKASI untuk memasukkan keterangan tempat di mana anda saat menulis  artikel tersebut
  32. DESKRIPSI PENELUSURAN, ini adalah tempat memasukkan meta description ke dalam artikel. Masukkan penjelasan singkat dari isi artikel anda (max.150 karakter) dan pastikan mengandung kata kunci....
  33. PILIHAN adalah tombol yang berisi opsi HTML untuk mode tulis dan baris baru ketikan anda. Kalau anda bingung, maka abaikan saja.
Selesai! Sekarang pengetahuan dasar cara membuat blog dengan benar. Silahkan kembangkan blog yang baru anda buat ini, atau silahkan juga membuat blog yang lainnya. Tapi perlu dicatat bahwa materi ini hanyalah pembukaan saja dari pengetahuan blogging dan SEO, masih ada banyak hal untuk saudara pelajari di dunia blogging ini.
Cara Mudah Upload Foto dan Gambar ke Google Image Search
Google Images adalah kumpulan gambar yang ditemukan di situs website. Ketika melakukan pencarian untuk gambar tertentu, seperti "Agnes Mo", maka Google melakukan pencarian pada website yang memiliki deskripsi yang tepat dan akan menampilkan ribuan gambar yang sesuai dengan kata kunci yang dicari
Untuk menampilkan gambar Anda pada Google Images sangat mudah dilakukan, sedangkan untuk mengunggah foto pada hasil pencarian Google image, tidak dapat dilakukan dengan cara langsung mengupload foto ke Google, oleh karena itu letakkanlah gambar Anda pada sebuah website sehingga Google dapat menemukannya.
Berikut ini adalah cara memasukan foto ke google
1. Buatlah nama gambar sesuai dengan kata kunci yang diinginkan
Jika Anda mempunyai foto agnes, maka berilah nama pada foto itu menjadi agnes-mo.jpg, ini berfungsi untuk mempermudah robot Google mendeteksi gambar.
 
2. Posting gambar Anda ke situs website
Tempatkan gambar Anda pada sebuah situs web dan tunggu hingga Google melihat gambar Anda, selanjutnya Google akan memasukkan gambar Anda dalam database pencarian Google Images, pastikan Anda memiliki beberapa teks deskriptif terkait dengan gambar sehingga Google memahami kata kunci apa yang berhubungan dengan gambar tersebut. Idealnya Anda harus mengisi tag ALT gambar.
Jika Anda ingin foto atau gambar muncul di hasil pencarian Google Images, Anda perlu memposting gambar pada sebuah situs web, namun jika Anda tidak memiliki sebuah website, berikut adalah beberapa layanan hosting konten yang dapat Anda gunakan gratis:
  • Upload foto Anda ke jaringan sosial seperti Google+
  • Tambahkan gambar ke blog menggunakan Blogger
  • Buat website Anda sendiri dengan menggunakan Google Sites
     
3. Pastikan gambar yang Anda posting dapat diakses oleh umum
Dengan meposting gambar pada situs publik dan mudah dicari, akan memungkinkan Google untuk menemukan gambar Anda dan menambahkannya ke indeks Images. Ketika Anda meng-upload gambar, pastikan bahwa halaman web yang berisi gambar Anda dapat diakses oleh publik. Misalnya, jika Anda memposting foto di Google+, pastikan pengaturan privasi adalah Umum.
4. Tunggu dan lihat hasilnya
Tunggu beberapa hari dan coba cari gambar Anda. Ini dapat berlangsung beberapa menit hingga beberapa bulan agar gambar Anda dapat muncul di Google Images tergantung pada berapa sering Google mengindeks situs Anda.
 
Tips untuk membantu agar gambar Anda muncul dengan cepat
Untuk membantu gambar Anda muncul dalam hasil pencarian Google, ikuti praktek terbaik dibawah ini, yaitu :
Sertakan teks deskriptif. Sertakan teks deskriptif di suatu tempat dekat gambar seperti "alt" tag atau caption. Hal ini membantu Google memahami gambar yang relevan.
Upload foto berkualitas tinggi. Konten gambar yang besar adalah cara terbaik untuk membangun lalu lintas ke situs Anda.
Bersabarlah. Gambar yang Anda upload ke web tidak akan langsung muncul dalam hasil pencarian. Anda harus menunggu sampai situs Anda diindeks oleh Google sebelum gambar Anda muncul.

Uploadlah foto pada Google+ dengan menggunakan nama profil pada Google+ sesuai dengan kata kunci yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar