Rabu, 30 Desember 2015

artikel sejuta batik

KERANGKA KARANGAN

Tema              : Batik
Tujuan           : Untuk menjaga dan mengembangkaan budaya batik

I.              Pendahuluan
1.1  Sejuta batik

II.            Isi
2.1  Pangeran batik
2.2  Sejarah batik
2.3  Macam-macam batik

III.           Penutup
3.1  Kesimpulan
3.2  Saran



SEJUTA BATIK

            Batik merupakan kain yang diukir dengan berbagai macam motif dan corak yang telah menjadi ciri khas pakaian Indonesia. Batik ini adalah kain yang bahan pembuatannya berasal dari Indonesia. Batik ini sudah terkenal di Indonesia bahkan telah sampai dikenal oleh Negara luar, dengan corak dan motif yang indah, batik ini dapat dapat dijadikan berbagai macam dan model pakaian seperti baju, celana, dan jenis pakaian lainnya.
            Batik (atau kata batik) berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “nitik”. Batik ini merupakan budaya yang telah lama berkembang dan dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kata batik mempunyai beberapa pengertian. Menurut Hamzuri pengertian batik merupakan suatu cara untuk memberi hiasan pada kain dengan cara menutupi bagian-bagian tertentu dengan menggunakan perintang, sedangkan menurut KRT.DR.HC kalinggo Hanggo puro (2001 1-2) dalam buku bathik sebagai busans tatanan dan tutunan menuliskan bahwa, para penulis terdahulu menggunakan istilah batik yang sebenarnya tidak tertulis dengan kata “batik”, akan tetapi seharusnya “bathik” hal ini mengacu pada huruf Jawa “Tha” bukan “Ta” dan pemakaian bathik sebagai rangkaian dari titik adalah kurang tepat atau kurang dikatakan salah. Selain itu batik juga memiliki beberapa macam sperti : batik tulis dan batik cap.
            Mungkin dengan batik ini juga kita dapat meningkatkan perhatian dari masyarakat lain. Dan orang tidak akan merasa senang, jika tidak memakai batik. Karena orang menganggap bahwa batik merupakan kain yang sangat indah dan menari untuk dipakai.
            Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa batik merupakan seni melukis diatas kain dengan menggunakan lilin atau malam sbagai pelindung untuk mendapatkan ragam hias di atas kain tersebut.
            Menurut saya batik Indonesia telah menjadi panutan dari Negara lain, karena batik ini telah tersebar luas, bahwa banyak dinegara lain telah memakai batik Indonesia. Maka dari itu kita harus menjaga dan mengembangkan kebudayaan Indonesia.

Nilai

Tanda Tangan Orang Tua

Tanda Tangan Guru





Tidak ada komentar:

Posting Komentar